Kita yang Tak Pernah Berakhir


Kata ialah makna. Makna tentang hidup kita. Karena kita adalah kata. Kata selalu berceloteh riang tentang kita. Tentang kamu. Tentang aku. Ia selalu mencari sesuatu. Dari gulitanya malam, hingga terang benderang ia meraba-raba.

Karena ia adalah makna. Makna apa yang kita pikirkan. Karena kita adalah kata. Kata menjadi kekuatan tersendiri. Kata selalu mencari –cari makna. Pun makna itu tersembunyi dari sudut hati.

Kita adalah kata. Kata –kata begitu mudah terucap. Tertulis rapi dalam tiap bait diatas kertas putih mengkilap. Ia menguap menjadi obrolan singkat, atau menjadi sebuah buku yang kekal abadi, ia tetaplah kata.

Tapi mereka berbeda. Yang satu menuju langit di atas sana. Yang satu mengalir bersama bumi. Menebar kebaikan. Ia menjadi kekal. Umurnya tak lekang oleh zaman. Kata-kata yang terukir dalam kerasnya batu. Atau lembutnya lebaran kertas. Ia tetap abadi.

Kita adalah kata. Kata itu terucap, menghilang sekejap. Kata yang lain berbekas. Aristoles dengan Categoriae, Analytica Priora-nya. Plato dengan Republic-nya. Al Ghazali dengan Ihya-nya. Ibnul Qayyim dengan Raudhah al Muhibbin. Di Bawah Bendera-nya Soekarno, Hingga Caping-nya Goenawan Mohammad.

Mereka adalah kata. Kita pun adalah kata. Tapi berbeda. Karena ia adalah makna. Makna apa yang mereka pikirkan. Mencari-cari celah, apakah ia akan tersampaikan. Karena kata harus terucap. Baik dengan menguap, atau terpatri.

Kita adalah kata. Ia hanya sekali berlalu. Ketika kita menjadi kata. Kata yang berbekas. Selalu terukir abadi. Tak lekang oleh zaman. Karena setelah tiada, kita tetap ada. Hingga suatu saat nanti. Karena kita adalah kata.

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: