Perawatan Green Roof


Seri : Green Architecture

Perawatan pada greenroof dapat dilakukan secara berkala baik dengan sistem manual atau teknologi otomatis. Sistem manual yaitu melalui pengawasan dan pemeliharaan dengan tenaga kerja manusia, dan sistem teknologi otomatis dengan bantuan teknologi untuk perawatan green roof. Perawatan green roof meliputi:

Pemupukan tanaman

Seperti memelihara tanaman pada umumnya, pemupukan menjadi hal yang perlu diperhatikan juga bagi perawatan green roof. Medium yang digunakan adalah medium buatan di atas struktur atap yang berbeda sifatnya jika dibandingkan dengan tanaman di dalam pot atau kebun. Pemupukan ini sangat penting untuk mencegah kekurangan unsur hara, terutama jika baru ditanami. Pemupukan tanaman dilakukan pada lapisan growing medium (substrat).

Pengairan (drainase)

Air adalah salah satmber utama dalam kehidupan, sehingga sangat wajar jika pasokan air bagi green roof perlu diperhatikan. Green roof sangat aktif melakukan transpirasi dan evaporasi, kedua proses ini sama-sama melepaskan uap air yang berkontribusi menurunkan suhu permukaan, namun juga mempercepat dehidrasi. Resiko dehidrasi ini bisa jadi sangat tinggi jika green roof dipasang di daerah yang memiliki suhu tinggi dan kelembaban yang rendah.

Sistem drainase melibatkan lapisan kedap air, penyaluran air, dan juga penyaringan. Lapisan-lapisan tersebut memerlukan inspeksi rutin dan berkala. Jika terlalu banyak air yang mengendap pada lapisan, dapat menjadikan medium tanam rusak dan tanaman menjadi layu dan busuk. Oleh karena itu, sistem drainase merupakan sistem yang paling penting pada konstruksi green roof. Pencegahan kerusakan dapat dilakukan dengan membuat pipa-pipa saluran untuk penyimpanan air dan juga pembuangannya agar air dapat dikelola secara efektif.

Penanaman ulang

Dalam pemasangan green roof, peluang untuk terjadi kerusakan baik akibat faktor eksternal maupun internal sangat memungkinkan. Oleh karena itu, pemelihara green roof harus siap dengan resiko tersebut dengan melakukan pemeriksaan rutin untuk menanam kembali sehingga kualitas green roof tetap terjaga.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: